Realita di Negaraku



Lagi – lagi kasus TKI yang tidak dapat perlindungan hukum dari pemerintah Indonesia muncul lagi. Kali ini dialami oleh seorang TKI legal di Arab Saudi yang akan dihukum pancung karena terbukti membunuh majikannya.
Aku sebenarnya agak bingung dengan para TKI yang tanpa berbekal ilmu pengetahuan yang cukup nekat pergi keluar negeri untuk kerja, yang berpendidikan aja susah mencari pekerjaan di luar negeri. Kebanyakan alasannya adalah susahnya mencari uang di kampung halaman, jadi mereka nekat ke luar negeri. Dan di luar negeri yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga juga kebanyakan diperlakukan tidak manusiawi. Aduuhh.. pilu banget deh ngedengernya. Harusnya pemerintah Indonesia sudah tidak mengirim TKI lagi ke Arab Saudi, mencegah hal – hal yang tidak diinginkan terjadi. Masalah TKI di luar negeri beragam, mulai dari gaji tidak dibayar, kekerasan fisik dan seksual, pembunuhan, pelanggaran hak asasi manusia, dan masih banyak masalah – masalah lainnya.
Pemerintah Arab Saudi memang memberi sanksi yang keras untuk kasus pembunuhan, tapi pemerintah Indonesia juga harusnya memberi perlindungan hukum bagi warganya yang berada di luar negeri. Aku jadi ingat novel “Ayat – ayat Cinta”, saat Fachri disiksa di penjara Mesir, dan pemerintah Indonesia tidak punya kekuasaan yang cukup untuk membela warganya. Itulah realita yang terjadi di negara Indonesia, negara bodoh dan lemah yang sangat ku cintai..


Sinonaholys Story

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumitnya Hidup

Meja Kerja ku #part I

Merajut Asa